Optimalisasi Peran PKK | Bumikan PHBS Dimasa Pandemi Corona

Kesatuan Gerak PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) memiliki jaringan yang mengakar dari pusat hingga ke desa-desa. PKK merupakan sebuah lembaga yang turut aktif dan memberi peran besar dalam pembangunan negara Indonesia sejak zaman orde baru dari lingkungan terkecil, yakni keluarga. 

Demikian juga dalam menghadapi Pandemi Corona Virus Disease Covid-19. Peran PKK dalam membumikan PHBS dikehidupan rumah tangga, keluarga, hingga sosial kemasyarakatan di desa, sangat membantu upaya-upaya pemerintah dalam kegiatan penanggulangan dan pengendalian penyebaran virus Covid-19. Sehingga segalanya dapat berjalan dengan lebih baik.

Penerapan perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terutama dalam menghadapi Pandemi Corona menjadi sebuah kebutuhan yang paling diprioritaskan. Melalui PKK Desa, penanggulangan dan pengendalian penyebaran Covid-19 akan menjadi lebih optimal karena mampu menyasar masyarakat hingga tingkat rumah tangga dan keluarga.

Anggota PKK Desa bisa berperan lebih besar dalam berbagai kegiatan penanganan penyebaran virus Covid-19. Dari kegiatan sosialisasi, langkah-langkah pencegahan, penanganan, hingga penanggulangan dampak pandemi. Lebih-lebih dalam hal membumikan PHBS di lingkungan keluarga serta masyarakat desa.

Penerapan protokol kesehatan dan PHBS yang semestinya dilakukan oleh setiap anggota keluarga dalam menghadapi pandemi corona adalah :

  1. Membiasakan diri Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)
  2. Mengenakan masker setiap keluar rumah.
  3. Menghindari kerumunan dan menjaga jarak (Physical Distancing & Social Distancing)
  4. Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang demi meningkatkan imunitas tubuh.

Dalam penanggulangan dampak ekonomi, anggota PKK Desa melakukan upaya meningkatkan kemampuan ekonomi keluarga, diantaranya dengan menanam sayuran, empon-empon, memanfaatkan pekarangan terbiar yang ada di desa. 

Akses terhadap kemudahan teknologi informasi seperti gadget, jaringan internet, akun media sosial, bisa dioptimalkan sebagai sarana memasarkan produk yang diciptakan anggota PKK.


Posting Komentar

0 Komentar